Kulit Wajah Mengelupas? Gak Usah Panik, Ikutin 4 Langkah Ini Untuk Mengatasinya!

Kulit wajah yang mengelupas bisa dialami oleh siapapun dari segala jenis usia. Apa sih penyebabnya?

Penyebabnya macem-macem, mulai dari paparan sinar matahari, pemakaian produk yang kandungannya tidak cocok dengan kulit, kandungan tertentu yang emang bersifat mengelupas kulit dan juga alergi.

Ketika kulit mengelupas pasti langsung panik. Waduh… ada apaan nih? Salahnya dimana ya? Karena emang kulit mengelupas itu pertanda ada yang gak bener dengan kulitmu. Coba inget-inget, ada yang salah dengan perawatan kulitmu?

Nah gimana cara mengatasi kulit mengelupas ini? Yuk disimak artikelnya!^^

1. Berhenti Menggunakan Kosmetik Sampai Kulitmu Pulih


Kulit yang mengelupas adalah tanda bahwa ada sesuatu yang gak bener dengan kulitmu. Maka dari itu, ada baiknya kulitmu diistirahatkan dulu.

Salah satu cara mengistirahatkan kulitmu adalah dengan berhenti memakai kosmetik sementara waktu. Jadi kulitmu juga ga ditempelin dengan kandungan aneh-aneh dulu.

Lagipula kalo kulit lagi ngelupas, pake kosmetik apapun juuga jadi gak bagus karena justru akan memperjelas tekstur kulitmu yang kering dan mengelupas.

2. Berhenti Menggunakan Produk yang Abrasif untuk Sementara


Ini maksudnya apaan ya? Haha. Maksudku tuh produk-produk yang bersifat mengikis kulit. Contonya salicylic acid, AHA, BHA dan kawan-kawannya.

Kalo kalian lagi treatment pemulihan bekas jerawat dan tekstur wajah pasti bakal akrab ama produk ini. Jelas, kandungan ini emang bakalan bikin kulit mengelupas.

Kandungan ini emang ditujukan untuk mengikis kulit supaya sel kulit baru gampang muncul ke permukaan. Makanya kalo lagi pake produk yang ada kandungan ini pasti wajib banget disuruh pake sunscreen, soalnya kulit pasti menipis.

Nah, kalo mengelupasnya udah mulai mengganggu dan bikin gak nyaman bisa distop dulu yah.

3. Lakukan Eksfoliasi Untuk Merontokkan Kulit-Kulit Kering


Nah cara ini ampuh banget kalo kamu butuh cara instan menghilangkan kulit-kulit kering. Tapi gak sepenuhnya ya, tetep bakal ada sisanya sih.

Kalo kamu mau melakukan eksfoliasi kepada kulit yang lagi mengelupas, kamu harus mengunakan eksfolian yang butirannya halus. Bisa juga menggunakan peeling cream.

Tujuannya adalah untuk menghindari kulit dari iritasi. Kalo kulit lagi mengelupaskan juga rentan banget, jadi pemilihan produknya mesti hati-hati.

Kalo mau aman, pilih aja produk-produk yang emang diperuntukkan kepada pemilik kulit sensitif. Kandungannya udah pasti lebih lembut soalnya.^^

Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi menggunakan garam, oatmeal, strawberry dan bahan-bahan eksfolian alami lainnya. Jangan lupa kalo mau DIY gini, harus jaga kebersihan bahan-bahan, wadah dan tanganmu loh yah^^

4. Jangan Lupa Pelembab, Wajib Itu!


Ketika kulit lagi kering dan mengelupas, kamu perlu kelembaban ekstra untuk kulit keringmu. Kamu bisa memilih produk yang berbentuk krim yang konsistensinya tidak terlalu padat tapi bisa melembutkan dan melembabkan kulit.

Selain itu kamu bisa menggunakan aloe vera gel untuk menyamankan kulitmu yang lagi kering dan mengelupas. Adem dan melembabkan, andalanku kalo kulit lagi kering nih!

Nah, itu dia 4 langkah yang aku lakukan ketika kulit lagi kering dan mengelupas. Intinya sih gini, kalo kulitmu tiba-tiba rewel, berarti ada sesuatu yang gak pas dengan kulitmu. Disitulah kamu harus rinci satu per satu dan cari penyebabnya.

Ketika kulit lagi rewel, jangan pake produk aneh-aneh. Pake produk-produk yang lembut di kulit. Karena kalo kulitmu rewel tandanya dia lagi baper dan gak mau dianeh-anehin hahaha. Sabar-sabar aja, nanti juga berangsur membaik hehe. Salam cantik!~