Ini Dia Cara Herbal Memutihkan Wajah Ala Perempuan Zaman Dulu

Jadi gini nih, tiba-tiba aja aku kepo kalo jaman dulu itu cewe-cewe pada pake apa perawatannya buat memutihkan wajah. Dari berbagai sumber, aku nemu banyak banget cara mereka merawat kulit dan memutihkan wajah.

Dulu mah kan belom ada klinik kecantikan, salon aja belom ada. Tapi kok bisa gitu kulitnya pada kinclong, cerah dan paripurna. Kan jadi kepo gimana coba cara memutihkan wajahnya ala ala perempuan jaman dulu.

Caranya macem-macem dan menggunakan bahan-bahan alami semua. Selain melakukan perawatan dari luar seperti masker dan lulur, ternyata mbakyu-mbakyu ini seneng minum jamu untuk memutihkan kulit wajah.

Nah makanya kali ini bakal aku bahas, ramuan-ramuan herbal alias jamu yang bisa membantu untuk memutihkan kulit wajah. Siap-siap besok nyetopin bude jamu yang naek sepeda keliling komplek nih hahaha.

1. Kunyit Asam

Source : https://hellosehat.com
Minuman herbal yang banyak dikenal masyarakat Indonesia dan memiliki banyak manfaat untuk kulit adalah kunyit asam. Kunyit asam dipercaya bisa memancarkan kecantikan alami. Minuman ini dipercaya bisa menurunkan berat badan, membuang toksin dalam tubuh, meredakan peradangan, melancarkan siklus haid, mencegah nyeri haid dan menghilangkan bau badan. Untuk kulit, minuman ini dipercaya bisa membuat kulit tampak muda.

Dulu pas baru pertama kali haid perutku sakit banget yang melintir gitu, akhirnya disuruh minum jamu ini sama bundaku. Meskipun gak langsung kerasa kayak makan cabe rawit yang lansgung pedes, tapi kerasa kok setelha rutin minum.

Badan jadi lebih enak, perut gak kram lagi dan bau-bau gak sedap di badan tuh ilang. Sejak saat itu aku selalu beli kunyit asam kalo ketemu bude jamu.^^

Dalam kunyit asam terkandung vitamin A dan C yang bisa membuat kulitmu bercahaya dan bersih dan juga bebas jerawat. Bahan yang biasa digunakan adalah kunyit dan buah asam, biasanya ditambah jugan dengan daun asam muda, temulawak, perasan jeruk nipis atau biji kedaung.

2. Beras Kencur

Source : http://style.tribunnews.com
Beras kencur ini salah satu jamu kesukaannya anak-anak. Soalnya rasanya seger dan manis gitu. Jadi kayaknya semua umur suka dengan jamu beras kencur. Selain memberikan efek segar dan bugar pada badan, beras kencur juga bagus banget buat kulit.

Nah sebelum aku haid, aku minumnya ini. Bundaku ini suka minum ajmu, karena pengen ikutan akhirnya minum beras kencur ini. Ah ini jadi jajanan yang aku tunggu setiap sore, abis minum jamunya minta jamu manisannya deh ama si bude jamu.^^

Beras kencur selain rasanya paling enak dan bisa diterima di lidah semua usia, jamu beras kencur ini juga bagus banget manfaatnya.Beras kencur bisa mengatasi masalah jerawat, membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang. Beras kencur juga bisa membentuk tubuh agar tetap ramping.

Bahan-bahan yang biasa digunakan dalam ramuan ini adalah beras dan kencur. Nah biasanya ditambahin kunyit asam, jahe, kapulaga atau biji kedaung. Jamu ini enak banget dikonsumsi dalam keadaan dingin.

3. Jamu Pahitan

Source : https://hellosehat.com
Aku inget banget jaman aku SD itu kalo ibu-ibu ke tukang jamu pasti mintanya minum jamu pahitan ini. Sesuai dengan namanya, minuman ini memang rasanya pahit. Biasa anaknya kepo banget jadi minta deh nyobain punya emak^^.

Kandungan dari jamu pahitan ini adalah sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih dan adas yang semuanya memiliki rasa pahit.

Manfaatnya adalah melancarkan peredaran darah, mencegah jerawat, mencegah bau badan dan mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Itu dia 3 ramuah herbal yang bisa membantu kamu untuk memutihkan kulit. Selain bagus banget buat badan, ternyata bagus banget buat kulit ya. Cuss besok cari tukang jamu!~