Kapan Saat yang Tepat untuk Memulai Perawatan Anti Aging?

Penuaan dini adalah salah satu hal yang mungkin paling ditakuti dan sebisa mungkin dihindari oleh sebagian besar wanita di dunia ini.

Gak heran makanya banyak brand kecantikan yang berlomba-lomba untuk mengeluarkan lini skincare untuk perawatan anti aging. Memang menurutku campaign mengenai anti-aging atau penuaan kulit ini jauh lebih besar dan paling besar dibanding masalah kulit lainnya.

Kenapa gitu? Meskipun banyak yang mengalami, gak semua orang mengalami jerawatan, gak semua orang mengalami kulit kering, gak semua orang mengalami kulit berminyak. Sementara, semua orang secara mutlak akan mengalami penuaan. Tanpa terkecuali! Yah, kecuali dia vampir, klannya keluarga Cullens gitu haha.

Itulah kenapa, sekarang yang umurnya masih kepala dua pun udah mulai cek ombak dan nyari-nyari produk anti aging. Banyak dari kita, atau mungkin kamu termasuk di dalamnya, sebagai mereka yang udah mulai pake produk anti aging sebelum usia 30.

Nah, sebenernya boleh gak sih mulai pake produk anti-aging saat usia 20-an gini? Yuk makanya cari tahu lebih lanjut melalui artike berikut ini ya!

Kapan Pemakaian Produk Anti Aging Diperlukan? Tergantung Pada Kondisi Kulitmu Sendiri, Sist!


Kalo kamu memiliki kondisi kulit yang normal, baik-baik aja dan bebas masalah, sebenrnya perawatan kulit untuk anti-aging belum terlalu kamu butuhkan. Kalo usia kamu masih 20-an, kulitmu masih dalam kondisi yang sangat prima dan aktif dalam memproduksi kandungan minyak alami untuk kulitmu.

Kondisi ini jelas beda dengan kulit yang membutuhkan produk anti-aging. Kulit yang membutuhkan produk anti-aging adalah kulit yang lapisannya tidak mampu lagi memproduksi minyak alami.

Tapi bukan berarti kamu sama sekali gak boleh pake produk anti-aging di usia 20-an loh ya! Karena kondisi kulit orang kan beda-beda. Beberapa wanita usia 20-an mungkin belum terlalu membutuhkan perawtatan anti aging, tapi sebagian lainnya butuh.

Terutama jika kamu termasuk orang yang sering beraktifitas di luar ruangan, sering terkena paparan sinar matahari dan polusi. Ketika memasuki usia pertengahan dan akhir 20-an produk perawatan anti-aging bisa mulai dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan wajah.

Gunakan Produk Skin Care Secara Bertahap


Kalo kamu mengkhawatirkan kondisi kulit kamu di masa depan, sebenernya ada cara yang lebih bijak buat merawat kulitmu daripada langsung memakai produk anti-aging yang belum tentu cocok dan sudah dibutuhkan oleh kulitmu.

Caranya adalah dengan memilih produk skincare secara bertahap. Hal ini akan membuat kulitmu beradaptasi dengan berbagai produk yang kamu pakai dan kombinasikan di kulitmu.

Di usia awal 20-an idealnya sih kamu cukup fokus ke produk yang memberikan hidrasi untuk kulitmu dan melembabkan kulit. Contohnya dengan menggunaan pelembab, eye cream, night cream dan sunscreen.

Nah, ketika kamu mulai menginjak usia pertengahan 20, sekitar 24-25 tahun, kamu bisa upgrade rutinitas skincare kamu dengan menambahkan produk skincare lain seperti serum, essence atau ampoule.

Nanti ketika menginjak usia akhir 20-an, sekitar umur 28-30 tahun, mungkin kamu akan mulai merasakan kulitmu membutuhkan kelembaban lebih.

Ketika hal tersebut terjadi, kamu bisa menambahkan beberapa produk lagi ke dalam rutinitas skincare kamu dengan produk-produk anti-aging yang memiliki kandungan untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Kandungan yng biasa ada di produk anti-aging adalah Vitamin E, C, dan Pro Vitamin B5. Pada intinya sih, kita harus memastikan kalo kulit wajah kita bersih, lembab dan ternutrisi dengan baik.

Kenapa gitu? Karena kulit yang sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan sebenernya adalah kulit yang kering dan gak tercukupi nutrisinya.Hal tersebut membuat kulit lebih mudah memunculkan garis-garis halus, kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

Intinya sih ya, sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu aja. Selama kulitmu baik-baik aja ya gak usah ikut-ikutan orang-orang yang mulai pake produk anti-aging.

Ibaratnya seperti kamu gak laper, tapi kamu dikasih makan ini itu yang sebenernya kamu belum butuh. Yang ada kalo dipaksain dimakan malah bikin sakit perut kan? Ya kira-kira sama lah kayak kulitmu. Kalo kamu memang merasa kulitmu belum butuh produk anti aging, ya nanti aja.^^