Perawatan untuk Kulit Berjerawat yang Gak Boleh Disepelekan!

Jerawat, siapa sih yang gak pernah ngalamin yang namanya tumbuh jerawat di wajah. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang mayoritas kulitnya berminyak, jadi rentan banget deh sama jerawat.

Aku sendiri udah semacam sahabatan lah ama jerawat. Dulu pernah jerawatan karena hormon (yang kemudian si dokternya bilang kalo jerawat hormonal itu gak bisa diapa-apain karena kaitannya dengan hormon, dia nyuruh aku tunggu dan sabar aja dan ntar ilang sendiri.)

Bener sih, aku jerawatan pas masuk umur 19 tahun dulu. Pas masuk umur 20 tahun itu ilang dengan sendirinya perlahan, gak pak perawatan ke dokter.

Sekarang jerawatan cuma kalo mau kedatangan tamu bulanan aja. Karena dulu udah pernah jerawatan semuka-muka (ampe tuh jerawat juga bingung kali mau nongol dimana lagi), sekarang aku gak panik kalo muncul jerawat 2-3 biji di wajah. Kalo breakout baru panik hahaha.

Selain sembuh dengan kesabaran, aku juga merawat kulit aku sendiri dengan berbagai cara berikut agar cepet bersih lagi kulitnya.

Gimana sih caranya yang tepat buat ngerawat wajah yang berjerawat? Nih disimak artikelnya yah!^^

1. Bedakan Antara Handuk Untuk Badan dan Handuk Untuk Wajah


Ketika lagi jerawatan, penting banget yang namanya menjaga kebersihan wajah karena kulit jadi sensitif banget dan rentan.

Salah satu cara menjaga kebersihan wajah adalah membedakan antara handuk yang digunakan untuk mengelap badan dan mengelap wajah. Gunakan handuk yang lebih lembut untuk mengelap wajah.

Jangan pernah sekalipun menggosok wajah, tepuk-tepuk lembut juga sudah cukup. Selain itu, biasakan ganti handuknya 3 hari sekali untuk menjaga kebersihannya. Jemur handuk di bawah sinar matahari agar handuk tidak lembab.^^

2. Rajin-Rajin Ganti Sarung Bantal


Jadi aku dulu seing banget jerawatan di area rahang dan pipi sebelah kanan. Sementara pipi sebelah kiri mulus banget gak pernah jerawatan.

Setelah aku baca-baca, aku temui penyebabnya ternyata adalah jarang ganti sarung bantal. Hasilnya, bakteri-bakteri yang ada di sarung bantal itu bedol desa ke wajahku.

Sebaiknya ganti sarung bantal 3 hari sekali atau paling lama 1 minggu sekali. Ribet dikit gapapa ya daripada makin subur itu jerawat kan!^^

3. Membersihkan Wajah Dengan Air Hangat dan Diakhiri dengan Es Batu


Ini salah satu hal yang menurutku membantu banget ketika aku merawat kulit wajah yang berjerawat. Air hangat membuka pori dan meluruhkan minyak-minyak yang tersimpan di dalam pori-pori.

Selain itu, membasuh wajah dengan air hangat juga memberikan efek relaksasi ke wajahku. Biasanya aku basuh wajah dengan air hangat dan mencuci muka menggunakan sabun seperti biasa.

Setelah bilas dengan air hangat lagi kemudian usapkan es batu ke seluruh wajah. Tujuannya supaya es batu menutup pori yang terbuka karena basuhan air hangat. Seger banget loh!^^

4. Hindari Produk yang Mengandung Pemutih


Ini adalah pesan yang diberikan oleh dokter kulitku dulu. Kalo mau menghilangkan bekas jerawat, bersihin dulu jerawatnya.

Hal ini disebabkan karena jerawat itu sensi sama kandungan pemutih, yang ada malah makin parah. Ketika aku jerawatan, aku bakal cari produk yang mengandung salicylic acid, AHA, BHA dan kawan-kawannya yang emang sahabat buat kulit berjerawat.

5. Berhenti Menyentuh Wajah Menggunakan Tangan


Ini yang paling susah! Huhuhu. Kalo lagi jerawatan tangan suka gatel banget pengen megang-megang tuh jerawat, apalagi kalo udah kering. Selain bikin berbekas, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor juga bikin jerawat makin subur.

Sumpah, ketika aku stop nyentuh-nyentuh wajah dan menggunakan tisu kalo mau menyentuh wajah, kulit aku berangsur membaik dalam waktu yang relatif singkat.

Hati-hati juga dengan handphonemu, layar handphone ternyat mengandung banyak bateri loh. Makanya kalo bisa hindari handphonemu bersentuhan langsung dengan kulit wajah ya.

6. Jangan Minum Apa-Apa Selain Air Putih


Ketika aku lagi proses penyembuhan jerawat, aku puasa dari minuman-minuman manis dan bersoda.
Gak ada lagi tuh es teh manis, soda, kopi-kopian dan sebagainya. Aku bener-bener Cuma minum air putih dalam jumlah banyak banget (hampir 4 liter) dalam sehari.

Hasilnya? Kulitku lembab banget. Jadi meskipun aku pake obat yang mengeringkan jerawat, kulitku gak ngelupas-ngelupas.

Air putih ini juga mmembantuku untuk mendetoks tubuh dari racun-racun sehingga jerawat aku pun lebih cepat sembuh dan pulihnya.

Itu dia 6 perawatan penting dalam merawat kulit wajah yang berjerawat dan seringkali terlupakan. Ini semua kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari malah bikin jerawat tambah subur.

Kalo kalian lagi jerawatan, jangan sedih dan putus asa oke? Emang jerawatan itu bikin gak pede banget bahkan bisa ampe bikin stress. Jangan sampe stress ya, nanti hormonmu kacau dan malah makin subur jerawatnya huhu. Kuncinya adalah sabar. Sabar dan telaten merawat kulit hehehe. Salam cantik!~