Penyebab Bibir Kering yang Bikin Lipstick Kamu Jadi Gak On Point!

Mungkin diantara kalian ada yang berpikir, perasaan udah beli lipstick yang formulanya melembabkan bahkan yang terkenal dengan teksturnya yang ciamik.

Tapi kok di bibir rasanya masih gak nyaman juga, keliatannya pun kurang oke! Ternyata akar masalahnya bukan di lipsticknya, tapi di bibir kamu yang kurang lembab alias kering.

Hindari hal-hal berikut ini supaya kamu terhindar dari bencana “crusty chapped lips”!

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah saat dimana tubuh kamu kekurangan cairan. Ketika tubuhmu kekurangan cairan kulit akan jadi kering dan kusam, bibir kamu pun akan ikut jadi kering.

Kalau menurutku, hal terbaik yang bisa kita berikan ke tubuh kita salah satunya adalah minum air putih yang banyak. Karena air itu memang sumber kehidupan dan penting banget untuk tubuh.

Pernah denger kan orang bisa tahan gak makan sampe 5-6 hari tapi orang bisa meninggal jika sampai 3 hari gak minum. Itu dia! Dehidrasi parah juga bisa menyebabkan kematian. Jadi banyak-banyakin deh minum air putih ya^^

2. Makanan Asin

Kalo kamu gampang mengalami bibir kering dan pecah-pecah sebaiknya kurangin makanan yang asin ya. Garam yang ternyata bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan bahkan menyebabkan peradangan. Gak heran kalo abis makan asin-asin bibirnya kayak kesemutan rasanya ya.

Garam juga mengikat kandungan air, termasuk di bibirmu. Jadi mulai sekarang dikurangi yah!

3. Menjilat dan Menggigit Bibir

Siapa disini yang suka jilatin dan gigitin bahkan ngelupasin kulit bibir? Distop ya, girls. Itu bikin bibir kamu makin kering, sakit pula jadi berdarah.

Dulu SD gak tau kenapa bibir aku kering banget, dan makin gemes kalo ngerasain pake lidah bibirku kasar-kasar gitu. Makin hari makin parah sampe akhirnya berdarah.

Yang namanya anak SD kan belum ngerti soal lipbalm ya, justru ngelilatin bibir supaya basah dan lembab maksudnya. Taunya malah bikin tambah kering! Haduh…

4. Pengaruh Konsumsi Obat

Beberapa obat yang lagi kamu konsumsi ternyata bisa jadi penyebab bibirmu kering dan pecah-pecah. Diantaranya suplemen vitamin A, Retinoid (Retin-A, Differin), Lithium (Obat untuk gangguan bipolar), Obat-obatan untu kemoterapi dan obat anti jerawat seperti isotretinoin dan accutane.

Jadi inget dulu pas jerawatan parah banget ke dokter kulit dan dikasih accutane, kulit langsung sekering-keringnya dan ampe ke bibir. Dipake ngomong aja sakitnya minta ampun :”)

5. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Alkohol bisa jadi penyebab bibirmu kering dan pecah-pecah loh. Konsumsi alkohol yang berlebihan menganggu prose penyerapan vitamin dalam tubuhmu. Sementara vitamin B2 dan B6 merupakan vitamin yang membuat bibir gak kering dan gak pecah-pecah.

Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi. Jika kamu party di malam hari, jangan lupa minum air putih sebanyak-banyaknya ketika bangun tidur ya untuk menggantikan cairan tubuhmu yang hilang.

6. Ekspos Matahari Berlebihan

Nah ini jadi akar permasalahan kenapa kulit bibirmu kering dan pecah-pecah, kelamaan panas-panasan! Paparan sinar matahari justru jadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah bahkan ketika cuacanya lagi mendung.

Pastikan setiap hari kamu mengoleskan lip balm untuk melembabkan kulit bibirmu. Jangan lupa pake yang ada SPF nya supaya bibir kamu terlindungi.

Pilih lipbalm yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone (butylmethoxydibenzoylmethane) sebagai properti pelindung UVA.

Pokoknya kamu mau pake lipstick apapun, jangan lupa untuk pake lipbalm dulu. Ini penting banget! Okay?^^

Itu dia 6 hal yang bikin kulit bibir kamu pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kamu juga bisa menggunakan lip balm atau lip butter sebelum tidur.

Paginya bisa kamu gosok lembut menggunakan sikat gigi untuk merontokkan kulit keringnya. Bisa juga pake lip scrub kalo kamu suka! Kalau bibirnya lembab dan sehat, pakai lipstick apa aja juga jadi terlihat cetar. Jadi jangan malas rawat bibirmu ya! Salam Cantik!~