Hindari 4 Hal Berikut Ini Untuk Mendapatkan Wajah Bersih Bebas Jerawat!

Memiliki wajah yang mulus bebas jerawat sepertinya menjadi keinginan utama hampir setiap perempuan ya? Gak semua orang mau punya kulit putih tapi semua orang pasti mau punya kulit mulus. Setuju?!

Ibaratnya ya, orang itu rela sampai jungkir balik jumpalitan juga dilakuin supaya kulitnya mulus. Yaa bener juga sih! Dengan penuh keikhlasan menyisihkan sebagian (banyak) gaji buat perawatan ke klinik kecantikan dan beli skincare salah satunya.

“Gue mah gapapa tiap hari makan tempe, kecap ama kerupuk. Asal kebeli nih *sensor ya, dia nyebut salah satu skincare yang harganya bikin sakit gigi*”. Saya ya melongo aja, soalnya saya gak sampe segitunya demi kulit. Iya sih bela-belain, tapi tetep jajan nomer 1. Skincare menyesuaikan aja. HAHAHA

Selain perawatan menggunakan skincare, banyak hal-hal yang harus diperhatikan supaya kulit mulus dan bebas jerawat. Ibaratnya gini, udah dikasih makanan enak tapi gak ngerti cara makannya, gak bisa dinikmati juga toh?

Sama kayak skincare. Skincare ibarat makanan buat kulit, tapi kalau kta gak ngerti gimana supaya skincare tersebut bisa bekerja maksimal di kuit, ya sama aja bohong.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tentunya dihindari supaya kulit tetap mulus bebas jerawat, dan pastinya biar skincare makin nendang dong ah!

Yang harus diperhatikan adalah kebiasaan-kebiasaanmu dalam penggunaan skincare dan juga pola hidupmu. Apa aja ya kira-kira? Cuss yaa baca artikelnya!

1. Scrub Berlebihan

Eksfoliasi kulit menggunakan scrub emang penting banget dalam rutinitas skincare. Fungsi eksfoliasi sendiri memang untuk mengangkat sel kulit mati sehingga sel kulit baru bisa naik ke permukaan kulit.

Kalau sel kulit matinya udah terangkat, skincare pun akan lebih meresap dengan baik. Selain itu, kalau abis scrubbing kulit itu rasanya halus mulus tanpa dosa gitu lho. Oya kan?

Nah salahnya adalah karena ketagihan dengan efek halusnya kulit, banyak diantara kita yang kemudian jadi hobi banget scrubbing. Ini salah ya sister!

Ternyata eksfoliasi yang berlebihan itu malah memicu produksi minyak berlebih di wajah. Ujung-ujungnya ya jadi rentan jerawatan. Kulit yang belum regenerasi sepenuhnya pun keburu rontok lagi karena dieksfoliasi terus menerus.

2. Produk Kecantikan yang Tidak Tepat

Penting banget nih untuk mengetahui jenis kulit kita sebelum emutuskan untuk menggunakan berbagai produk kecantikan di wajah kita. Entah itu makeup ataupun skincare.

Gunakanlah produk yang memang diperuntukan susai dengan jenis kulitmu. Kalau kulitnya berminyak ya jangan ngotot mau pake produk untuk kulit kering. Gitu juga sebaliknya.

Nah, selain itu jangan lupa untuk selalu cek komposisi dan kandungan setiap produk yang mau digunakan ya. Penting banget juga untuk rajin-rajin baca dan cari tahu kandungan-kandungan apa saja yang bisa menyumbat pori dan memicu jerawat.

3. Stress

Stres ternyata juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Saat stres hormon pada dalam tubuh terganggu sehingga dapat menjadi faktor munculnya jerawat di kulit wajahmu.

Untuk meminimalisir stress, kamu bisa melakukan hal-hal positif yang bisa bikin kamu bahagia seperti olahraga, melakukan hobimu atau sekedar me tme di rumah atau perawatan ke salan. Do anything to make yourself happy deh!

4. Tidur Tanpa Menghapus Makeup

Setelah seharian beraktifitas, tempat tidur jadi tempat yang paling dirindukan sekaligus sulit untuk ditinggalkan di pagi hari. Ya semacam favorite hello and hardest good bye gitu lah.

Nah sebelum say hello ama kasur, tolong lah jangan sampe itu sisa makeup, minyak, debu dan kotoran dari luar itu ikutan tidur di wajahmu.

Kalau sehari-hari menggunakan makeup, wajib banget melakukan double cleansing di malam hari. WAJIB!

Kalau males, inget aja perjuangan ngobatin jerawat itu kayak apa, jerawatnya selesai terus bakal disiksa sama bekasnya. “Tidak semudah itu, Ferguso!” Kata jerawat sambil senyum sinis. Hahaha

Inget, selain memicu jerawat, kebiasaan tidur tanpa membersihkan wajah juga akan membuat wajah menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat. Salah satunya adalah pori-pori yang membesar.