Berikut Ini Makanan yang Harus Dihindari Oleh Pemilik Kulit Kering!

Kalau kita lihat model-model itu kulitnya pada bagus-bagus banget ya? Gak cuma badannya aja yang bagus. Salah satu rahasia mereka ya tentunya menjaga pola makan dan nutrisi mereka, karena tubuh merupakan aset mereka. Should we think the same? Iya dong!

Meskipun kita bukan model (lol), tapi tubuh ini juga aset kita. Coba pikirin lagi baik-baik, kita dari lahir sampai meninggal nanti cuma dikasih badan satu-satunya lho sama tuhan. Masa gak dijaga baik-baik? Ini kan salah satu anugerah dari tuhan, betul ibu-ibu?!

Dalam satu hari, mungkin ada lebih dari 5 jenis makanan yang kita konsumsi. Mulai dari sarapan, makan siang, jajanan, dessert dan makan malam. Nah, pertanyaannya apakah yang kita konsumsi hanya untuk memuaskan hasrat kita atau untuk menjaga kesehatan tubuh kita?

Kalau kita masih suka mengonsumsi makanan yang bertujuan untuk memuaskan hasrat kita saja, mulai sekarang harus perhatian nih soal asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita.

Apapun yang kita konsumsi tentunya memiliki pengaruh untuk tubuh kita. Mau pengaruhnya baik? Ya harus banyak mengonsumsi makanan sehat. Kalau makannya aja masih ngasal, gimana badannya bisa sehat. Betul?

1. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti permen, es krim, minuman kemasan, soda dan makanan manis lainnya bisa malah menyebabkan kulitmu kering dan kusam lho! Terlalu banyak gula dalam tubuh bisa meningkatkan resiko inflamasi di tubuh kita.

No wonder ya kalau yang mengalami penyakit diabetes biasanya membutuhkan waktu sangat lama untuk bisa sembuh ketika terluka. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula yang terlalu banyak dalam tubuh sehingga meningkatkan proses inflamasi dan justru melambatkan proses pengeringan luka.

Selain itu, terlalu banyak gula juga merusak sel kolagen di kulit kita lho! Jika sekarang kita terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan gulanya, jangan kaget nanti kulit kita menjadi kusam dan mengendur sebelum waktunya.

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam seperti keripik, makanan ringan, fast food dan lain sejenisnya juga bisa membuat kulitmu jadi kering dan kusam lho. Balik lagi sebenarnya ke sifat dasar garam yang mengikat air.

Mengonsumsi makanan yang tinggi garam bisa mengikat kandungan air dalam tubuh. konsumsi makanan tinggi garam yang berlebihan juga bisa menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, perlu banget memantau konsumsi garam kita yah. Jangan lupa banyak mengonsumsi air putih setelah makan makanan yang tinggi akan kandungan garamnya ya!

3. Kafein

Teh dan kopi bisa jadi salah satu minuman yang lekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Dari di rumah, di kantor hingga nongkrong dengan teman-teman, dua minuman ini pasti ada di mejamu.

Nah, kamu perlu tau nih kalo kandungan kafein di kedua minuman tersebut juga bisa membuat kulit kita kering lho. Kafein bahkan bisa menyebabkan kita dehidrasi kalau kita tidak mengonsumsi air putih yang cukup.

Selain itu, konsumsinya jugaa harus dibatasi karena biasanya kedua minuman ini juga diolah dengan banyak gula untuk jadi minuman ala ala kekinian yang disukai anak muda. Udah tau kan kalo gula bisa merusak sel kolagen di kulit kita?

Nah itu dia 3 jenis makanan yang baiknya kamu hindari kalau kamu gak mau kulitnya kering! Gak usah puasa juga sih, cukup dibatasi aja konsumsinya sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Intinya jngan berlebihan krena segala sesuatu yang berlebihan itu biasanya berujung gak baik. Setuju? 😀