Benarkah Makanan Bisa Menyebabkan Jerawat? Cek Faktanya Disini!

Ketika saya berusia 19 tahun, saya baru bener-bener jerawatan parah. Meskipun jerawatnya bukan jerawat batu yang meninggalkan bekas bopeng. Tapi bener-bener banyak, sampai saya rasa itu jerawat juga bingung mau nongol dimana lagi.

Akhirnnya saya memutuskan untuk pergi ke dokter kulit dan berkonsultasi soal masalah jerawat yang cukup bikin saya stress lahir batin ini.

Salah satu pertanyaan yang saya ajukan ke beliau pada saat itu adalah perlukah saya mengatur pola makan dan diet menghindari jenis-jenis makanan tertentu saat lagi jerawatan gini?

Mau tau apa jawaban bu dokternya? Cusss baca artikel ini! Udah aku rangkum spesial buat kalian!~

Mengapa Makanan Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat?

Simple-nya gini ya, menurut beliau kata-kata “you are what you eat” itu memang benar adanya. Apapun makanan yang masuk ke dalam tubuh kita pasti memiliki dampak untuk tubuh, entah itu baik atau buruk.

Asupan makanan yang kita konsumsi ternyata cukup berpengaruh terhadap kelenjar bawah kulit. Makanan menjadi salah satu penyebab jerawat karena beberapa jenis makanan bisa memengaruhi terbentuknya lemak pada kelenjar lemak bawah kulit.

Makanan yang dikonsumsi tanpa diperhatikan kandungan gizi dan manfaat tentunya bisa menyebabkan produksi lemak di bawah kulit menjadi berlebihan.

Jika terjadi secara terus menerus makan menyebabkan produksi lemak jadi tidak terkontrol dan menyebabkan munculnya jerawat meskipun hormon sedang dalam keadaan normal dan kulit sedang tidak berjerawat.

Maka dari itu, pemilihan jenis makanan yang tepat haruslah diperhatikan. Hal ini tidak hanya mencegah timbulnya jerawat, namun juga mampu membantu efektifitas perawatan wajah dalam mengurangi jerawat.

Makanan Apa Saja Yang Bisa Menyebabkan Jerawat?

Makanan yang bisa menyebabkan jerawat, adalah makanan yang bisa memengaruhi produksi lemak pada kelenjar lemak bawah kulit. Bukan hanya menyebabkan, konsumsi makanan-makanan ini juga bisa saja memperburuk kondisi jerawatmu. Beberapa makanan tersebut, diantaranya adalah:

1. Makanan Pedas

Makanan atau masakan pedas adalah makanan yang bisa memicu metabolisme tubuh berlebih. Hal ini bisa merangsang metabolisme tubuh hingga produksi hormon. Kedua kondisi tersebut bisa memicu terjadinya produksi lemak bawah kulit menjadi berlebihan.

Selain itu, masakan pedas seringkali disajikan bersamaan pula dengan makanan berlemak atau makanan berkarbohidrat dalam jumlah besar, dimana keduanya juga adalah makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

2. Makanan Berlemak

Asupan lemak atau minyak yang lebih dari kebutuhan, tentu membuat simpanan lemak dalam tubuh juga menjadi berlebihan. Hal ini tentu secara otomatis bisa menyebabkan kelenjar lemak memproduksi lemak lebih banyak dan memicu munculnya jerawat.

Makanan yang banyak mengandung lemak adalah makanan yang diolah dengan metode goreng, deep frying, atau goreng dengan tepung. Maka dari itu, mulai dari sekarang usahakan memilih makanan yang diolah dengan metode masak rendah lemak ya.

3. Makanan Berkarbohidrat Yang Dikonsumsi Berlebihan

Karbohidrat bisa menjadi bahan makanan yang asupannya paling sering berlebihan jika tidak disadari betul jenisnya. Sayangnya, hal inilah yang juga bisa memicu munculnya jerawat pada wajah.

Makanan berkarbohidrat yang dikonsumsi lebih dari kebutuhan akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Untuk itu, selalu batasi porsi karbohidrat yang Anda konsumsi dalam satu hari. Hindari memilih menu tinggi karbohidrat misalnya mie bersamaan dengan nasi, nasi dengan lauk kentang atau roti dengan pasta.

4. Makanan Yang Banyak Mengandung Gula

Gula sebagai karbohidrat sederhana juga bisa menjadi penyebab terjadinya jerawat pada wajah. Hal ini disebabkan gula yang menumpuk dalam tubuh akan meningkatkan kalori dan pembentukan lemak.

Tidak hanya itu, gula (manis) juga memiliki efek candu yang membuat kita “craving for sweets” yang biasa kita sebut “kepengen yang manis-manis”. Nah, harus direm yah keinginan-keinginan yang seperti ini.

5. Makanan yang Berasal dari Susu

Makanan yang berasal dari susu (produk dairy) juga bisa menyebabkan dan memperburuk jerawat lho. Kandungan proteinnya bisa memicu produksi minyak berlebih.

Gak heran makanya dokter kulitku dulu menyarankan untuk stop mengonsumsi produk dairy seperti susu, keju, youghurt dan lain sejenisnya. Ternyata emang ngefek sih, setelah berhenti sebulan kulitku memberikan progres yang signifikan waktu itu.

So! Ternyata beneran dong yah makanan bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Yuk mulai sekarang kita jaga pola makan dan asupan gizi kita agar bisa cantik luar dalam!