5 Langkah Mudah Pedicure di Rumah

Kalo kamu merupakan salah satu dari banyak perempuan yang suka banget sama manicure dan pedicure, pasti gak heran dan gak aneh deh sama nails store, atau salon khusus “tangan dan kaki” kita. Meskipun kesannya kayak nggak priority atau gak terlalu penting, gak jarang juga yang ngurusin dan aware sama perawatan kuku tangan dan kuku kaki mereka. Dan bukan berarti harga perawatannya murah lho, tapi juga bisa di bilang mahal.

Namun, sebenarnya soal manicure dan pedicure ini, kamu bisa atasi di rumah. Budget-nya bisa kamu gantikan dengan membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk manicure dan pedicure di rumah. Kira-kira kayak gimana ya prosesnya kalo pedicure di rumah? Apakah sulit atau mudah? Langsung aja disimak 😀

1. Siapkan kuku kamu untuk pedicure di rumah

source: https://www.thejakartapost.com/life/2016/07/16/manicure-pedicure-at-these-places-in-jakarta.html

This is what you need for pedicure step one.

Kalo sebelumnya kamu sudah pedicure di salon, ini waktunya untuk kamu membersihkan sisa-sisa bekas pedicure sebelumnya. Pasti udah gak betah banget kan? Tentunya, kamu butuh acetone untuk me-remove sisa-sisa cat kuku yang menempel di kuku kamu. Untuk hal pedicure ini, kamu hanya membutuhkan acetone saja, dan kapas.

Caranya kamu hanya perlu menggesekkan kapas yang sudah diberi acetone ke kuku kamu, kemudian pastikan kalo cat kuku sudah gak menempel lagi di kuku kamu.

2. Rendam jari kaki dan kaki

source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323751.php

This is what you need for pedicure step two.

Biar berasa kayak di spa beneran, kamu bisa nyalakan lilin-lilin aromatheraphy sebelum kamu merendam jemari kakimu. Siapkan air hangat dan teteskan sedikit garam yang bisa membantu menenangkan kakimu. Masukkan kaki ke dalam wadah yang berisi air hangat, kemudian gosok secara pelan-pelan dan pijat-pijat bagian kutikula agar peredaran darah bagian itu berjalan dengan lancar.

Rendam kakimu selama beberapa menit, kamu bisa melakukannya sambil bersantai ya, misalnya baca buku atau menonton film sambil menunggu. Tunggu sampai kakimu terasa lebih enak dan tenang, sebelum pindah ke langkah berikutnya.

3. Trim dan gunting kuku kamu

source: https://www.physassistbrands.com/blogs/our-healthy-blog/39694404-prevent-nail-fungus-snipping-the-toenail-the-right-way

This is what you need for pedicure step three.

Untuk step yang satu ini, kamu perlu agak sedikit multitasking. Kamu perlu memotong kuku kamu kemudian juga me-trim kuku kamu menggunakan nails files agar kuku kamu tidak tajam setelah dipotong dan terlihat lebih rapi dan halus. Dengan nails files ini, kamu bisa membentuk kuku kamu dan menghaluskannya.

Setelah itu selesai, sebenarnya kamu balik lagi ke step dua, di mana kamu bisa kembali merendam kaki kamu agar setelah dipotong dan di-trim pun, kuku kamu kembali dibersihkan agar hasilnya lebih baik lagi. Kemudian kamu bisa menggunakan scrub di bagian telapak bawah kaki dan bagian tumit agar terasa halus.

4. Pijat kakimu dengan lotion

source: https://zuri.in/2015/09/22/nail-care-tips/nail-care-tips-05/

This is what you need for pedicure step four.

Setelah kamu kembali merendam kakimu, keluarkan kakimu dan keringkan dengan handuk. Olesi dan pijat kakimu dengan lotion secara lembut dan halus. Mulai dari jari kaki, kaki hingga ke betis.

Jangan lupa bersihkan dan beri lotion bagian kutikula, karena kutikula sangat berperan penting pada tiap kuku. Kutikula membantu melindungi kuku dari kuman dan kotoran. Makanya, sangat penting menjaga kutikula agar kuku kamu bisa lebih terawat dengan baik dan sehat.

5. Cat kuku kaki kamu

source: https://snapguide.com/guides/paint-your-toenails-in-the-spirit-of-halloween/

This is what you need for pedicure step five (last step).

Hal terakhir yang harus kamu lakukan, tentunya cat kuku kaki kamu sesuai dengan selera. Jangan lupa tetap menggunakan cat kuku yang baik dan tidak memiliki bahan kimia yang keras ya. Selamat mencoba, cantik!