Granola, Muesli dan Oatmeal, Lebih Sehat Mana Ya?

Hallo beautykosme! Kamu tau gak sih kalau Granola, Muesli dan Oatmeal ini sering banget disebut-sebut makanan sehat atau cocok untuk diet, tapi sebenernya ada gak sih perbedaannya? Aku sendiri tadinya agak bingung apa bedanya oatmeal dan granola, karena terlihat seperti sama aja. Namun nyatanya, Granola, Muesli dan Oatmeal ini berbeda guys! Namun kalau soal sehatnya, bisa dikatakan sama-sama sehat.

Granola

source: https://simple-veganista.com/healthy-homemade-granola-recipe/

Granola berasal dari muesli yang terdiri rolled oat, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga buah kering. Makanya, gak heran kalau makan granola pasti ada bulir-bulir buah di setiap suapan meskipun sudah kering. Bahan-bahan ini kemudian dipanggang hingga menjadi kering dan ditambah pemanis. Maka dari itu kalau kamu makan granola secara langsung juga udah enak sih, karena udah ada rasanya. Banyak juga orang-orang yang membeli granola berupa seperti di kemasan semacam fitbar atau soyjoy gitu, tapi kalau fitbar dan soyjoy terbuat dari oatmeal ya.

Nah, untuk granola ini bisa kamu santap tidak hanya dimakan langsung, tapi juga bisa kamu padukan dengan yogurt, buah-buahan asli, dan juga susu.

“Lho, kok pakai susu?”

Iya, memang susu mengandung lemak jahat yang justru bisa menghancurkan kata “sehat” atau program diet kamu, tapi susu juga ada yang mengandung buah-buahan, misalnya susu rasa strawberry atau susu rasa pisang. Atau lagi kalau kamu benar-benar gak mau pakai susu, kamu bisa menggunakan yogurt yang plain ya, atau yang memiliki rasa juga boleh sih, tapi kalau mau lebih sehat dan afdol lebih baik menggunakan yogurt yang plain.

Muesli

source: https://www.macheesmo.com/fruit-and-honey-muesli/

Muesli juga hampir sama seperti granola yang berbahan dasar muesli itu sendiri, rolled oat, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buah kering. Makanan ini dikenal dari negara Swiss yang sudah eksis sejak tahun 1800-an, sejak dahulu makanan muesli ini memang terkenal makanan yang sehat namun mengenyangkan. Hal yang menjadikan granola dan muesli berbeda adalah terletak pada campurannya. Kalau muesli biasanya lebih enak jika dicampurkan dengan susu putih, pisang, kurma, aprikot, anggur atau ceri.

Kemudian banyak juga yang mencampur Muesli dengan jus apel atau jeruk, kemudian semuanya disatukan dan dipanaskan di atas kompor sehingga tekstur muesli akan hancur dan lebih terlihat seperti bubur. Ini perbedaan penyantapan antara muesli dan granola. Biasanya juga, muesli tidak disajikan dengan campuran, tapi original aja sehingga rasanya pun hambar, berbeda dengan granola yang original-nya saja sudah manis.

Oatmeal

source: https://www.eatingbirdfood.com/peanut-butter-banana-oatmeal/

Oatmeal justru lebih ke pengganti bubur. Tekstur-nya lebih mudah larut bila terkena air tetapi tetap ada bulir-bulir gandum di dalamnya. Kalau oatmeal, rasanya sama seperti muesli yaitu hambar. Jadi, kalau yang original oatmeal ya gak ada rasanya sama sekali alias hambar. Tentunya lebih enak kalau dicampur dengan susu atau buah-buahan dan selai. Biasanya, oatmeal ini di makan oleh orang sakit, berbeda dengan granola dan muesli yang justru mendapat mind-set makanan sehat.

Tapi bukan berarti oatmeal tidak sehat ya, bahan dasar oatmeal ini gandum, jadi jelas oatmeal juga sehat untuk tubuh. Namun, karena tekstur-nya mudah dicerna jadi kalau orang sakit dan gak bisa makan apa-apa, banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi oatmeal ini. Oatmeal harus dimasak terlebih dahulu baru bisa dicampurkan dengan topping-topping sesuai selera, tidak seperti granola yang bisa langsung dimakan.

Kalau bicara soal kesehatan, Granola, Muesli dan Oatmeal lebih sehat mana? Jawabannya ke tiganya sama-sama makanan sehat dan baik untuk tubuh. Hanya saja sesuai selera lebih suka makan granola, muesli atau oatmeal. Kamu bisa mencoba granola dengan kualitas tinggi di tokopedia lho! lihat produk granola di tokopedia